SKENERIO :KESEIMBANGAN
Segmen 1
1. Theme song,
Assalamu’alaikum/ apa kabar semua?/ ketemu lagi dengan ka Dzikri masih di acara Shabat mau tahu?/ yu cari tahu!/
Hari ini ka Dzikri sedang berada di SD ..../ wah .... lihat ada yang naek jungkat-jungkit. Ikut yu!
Hai semua .... mau ikutan dong/ anak-anak: ya boleh ka/ lalu ka Dzikri naik jungkat jungkit, tetapi tidak dapat menyeimbangkan berat anak/ anak-anak: ahh kakak ga bisa/ayo yang lain, tambahin beratnya/ akhirnya jungkat-jungkit bisa berjalan.
2. Pengarahan ke tema melalui:
> penayangan video
Wah rame ya/ sekarang ka Dzikri punya video/ sahabat mau tahu?/ yuk cari tahu/
Video | Narasi |
Sepeda yang berjalan diatas tali Sirkus (orang yang berjalan diatas tali) Jungkat jungkit | Pertanyaan-pertanyaan untuk mengarahkan pada konsep. |
3. Pengarahan ke segmen 2 dengan memberikan pernyataan:
“Setelah ini kakak akan menunjukan demonstrasi dan memberikan tantangan yang dapat menjelaskan fenomena yang telah disebutkan diatas”
Segmen 2
1. Host menunjukan demonstrasi kesetimbangan dengan menggunakan garpu dan sendok.
Lihat ini/ kakak punya sendok, garpu, dan korek api/ kaka ingin membuat keduanya bisa seimbang di atas mulut botol/ ada yang bisa?/
Host menunjukkan demonstrasi
Anak-anak: ko bisa sih ka?/ wah magic!/ ini bukan magic, tapi ini tuh fisika/
2. Host memberikan tantangan untuk membuat keseimbangan dengan menggunakan paku.
Sekarang kakak punya tantangan/ kakak mempunyai .... paku/ nah kaka ingin semua paku salaing bertumpu, dan dapat seimbang di atas sebuah paku/
3. Siswa mencoba untuk membuat keseimbangan dengan menggunakan paku.
4. Host menjelaskan bagaimana membuat paku seimbang.
Nah/ untuk membuat semua paku dapat seimbang/ maka setiap sisi harus sama dan terdistribusi/
5. Host memberikan pertanyaan arahan,
Apa fungsi dari batang korek api?/ Mengapa batang korek api harus diletakan ditengah-tengah dari susunan garpu dan sendok?/ Mengapa susunan tersebut tidak jatuh ke salah satu sisi?/ Apa yang terjadi ketika jumlah paku di kedua sisi tidak sama?/ Mengapa jumlah paku harus sama di kedua sisi?/
Tahu mengapa sendok dan garpu dapat seimbang?/ dan paku juga dapat seimbang?/ hal ini dikarenakan terdapat titik pusat massa/ ketika benda berada pada titik pusat, maka benda itu akan seimbang/ Jadi batang korek api itu dibuat agar menjadi titik pusat massanya.
Animasi untuk penjelasan.
6. Pengarahan untuk segmen 3 dengan memberikan pernyataan :
Berikutnya kita akan membuat sebuah mainan yang menarik dengan konsep yang sama/ sahabat mau tahu?/ yuk cari tahu.
Segmen 3
1. Menunjukan alat dan bahan untuk membuat mainan keseimbangan.
Nah tadi kakak bilang akan mengjarkan kalian untuk membuat mainan keseimbangan/ bahan-bahannya ini dia/ kakak kasih kalian satu-satu ya/
2. Membuat boneka seimbang.
3. Anak-anak mencoba boneka yang telah dibuatnya.
Yu kita coba bonekanya/
4. Memberi quiz keseimbangan
Ayo, siapa yang tahu mengapa bonekanya bolak-balik?/ tidak berputar?/ untuk apa batu yang ada di dalam?/
Segmen 4
1. Host menyimpulkan konsep keseimbangan (disertai animasi).
2. Pemberian jawaban quiz keseimbangan.
Nah, jadi boneka itu dapat bolak-balik karena ada titik pusat massa/ batu yang di dalan digunakan untuk penempatan pusat massanya.
3. Trivia (info mengenai keseimbangan).
4. Penutupan.
Lampiran
1. Cara membuat garpu dan sendok seimbang
> kepala sendok diselipkan disela-sela gigi garpu
> selipkan batang korek api pada sela-sela yang tersisa antara gapu dan sendok
> letakan ujung batang korek api yang telah dipasangkan dengan sendok dan garpu pada mulut botol
> sendok dan garpu berada pada keadaan yang seimbang.
2. Cara untuk membuat paku seimbang
> letakan sebuah paku secara mendatar
> letakan paku yang lain diatas paku yang mendatar secara berselang seling posisi kepala pakunya di kedua bagian paku yang mendatar
>letakan sebuah paku yang lain secara mendatar sejajar dengan paku yang pertama diletakan secara mendatar
>angkatlah susunan paku tersebut dan letakan diatas sebuah paku yang vertikal ( dengan ujung runcing paku vertikal tepat ditengah tengah susunan paku agar sistem seimbang).
3. Pertanyaan arahan.
> “Apa fungsi dari batang korek api?”
>” Mengapa batang korek api harus diletakan ditengah-tengah dari susunan garpu dan sendok?”
>“Mengapa susunan tersebut tidak jatuh ke salah satu sisi?
>”Apa yang terjadi ketika jumlah paku di kedua sisi tidak sama?”
>”Mengapa jumlah paku harus sama di kedua sisi?”
4. Pertanyaan quizz.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar