Senin, 21 Maret 2011

Science for Fun

SKENERIO :KESEIMBANGAN

Segmen 1

1. Theme song,

Assalamu’alaikum/ apa kabar semua?/ ketemu lagi dengan ka Dzikri masih di acara Shabat mau tahu?/ yu cari tahu!/

Hari ini ka Dzikri sedang berada di SD ..../ wah .... lihat ada yang naek jungkat-jungkit. Ikut yu!

Hai semua .... mau ikutan dong/ anak-anak: ya boleh ka/ lalu ka Dzikri naik jungkat jungkit, tetapi tidak dapat menyeimbangkan berat anak/ anak-anak: ahh kakak ga bisa/ayo yang lain, tambahin beratnya/ akhirnya jungkat-jungkit bisa berjalan.

2. Pengarahan ke tema melalui:

> penayangan video

Wah rame ya/ sekarang ka Dzikri punya video/ sahabat mau tahu?/ yuk cari tahu/

Video

Narasi

Sepeda yang berjalan diatas tali

Sirkus (orang yang berjalan diatas tali)

Jungkat jungkit

Pertanyaan-pertanyaan untuk mengarahkan pada konsep.

3. Pengarahan ke segmen 2 dengan memberikan pernyataan:

Setelah ini kakak akan menunjukan demonstrasi dan memberikan tantangan yang dapat menjelaskan fenomena yang telah disebutkan diatas”

Segmen 2

1. Host menunjukan demonstrasi kesetimbangan dengan menggunakan garpu dan sendok.

Lihat ini/ kakak punya sendok, garpu, dan korek api/ kaka ingin membuat keduanya bisa seimbang di atas mulut botol/ ada yang bisa?/

Host menunjukkan demonstrasi

Anak-anak: ko bisa sih ka?/ wah magic!/ ini bukan magic, tapi ini tuh fisika/

2. Host memberikan tantangan untuk membuat keseimbangan dengan menggunakan paku.

Sekarang kakak punya tantangan/ kakak mempunyai .... paku/ nah kaka ingin semua paku salaing bertumpu, dan dapat seimbang di atas sebuah paku/

3. Siswa mencoba untuk membuat keseimbangan dengan menggunakan paku.

4. Host menjelaskan bagaimana membuat paku seimbang.

Nah/ untuk membuat semua paku dapat seimbang/ maka setiap sisi harus sama dan terdistribusi/

5. Host memberikan pertanyaan arahan,

Apa fungsi dari batang korek api?/ Mengapa batang korek api harus diletakan ditengah-tengah dari susunan garpu dan sendok?/ Mengapa susunan tersebut tidak jatuh ke salah satu sisi?/ Apa yang terjadi ketika jumlah paku di kedua sisi tidak sama?/ Mengapa jumlah paku harus sama di kedua sisi?/

Tahu mengapa sendok dan garpu dapat seimbang?/ dan paku juga dapat seimbang?/ hal ini dikarenakan terdapat titik pusat massa/ ketika benda berada pada titik pusat, maka benda itu akan seimbang/ Jadi batang korek api itu dibuat agar menjadi titik pusat massanya.

Animasi untuk penjelasan.

6. Pengarahan untuk segmen 3 dengan memberikan pernyataan :

Berikutnya kita akan membuat sebuah mainan yang menarik dengan konsep yang sama/ sahabat mau tahu?/ yuk cari tahu.

Segmen 3

1. Menunjukan alat dan bahan untuk membuat mainan keseimbangan.

Nah tadi kakak bilang akan mengjarkan kalian untuk membuat mainan keseimbangan/ bahan-bahannya ini dia/ kakak kasih kalian satu-satu ya/

2. Membuat boneka seimbang.

3. Anak-anak mencoba boneka yang telah dibuatnya.

Yu kita coba bonekanya/

4. Memberi quiz keseimbangan

Ayo, siapa yang tahu mengapa bonekanya bolak-balik?/ tidak berputar?/ untuk apa batu yang ada di dalam?/

Segmen 4

1. Host menyimpulkan konsep keseimbangan (disertai animasi).

2. Pemberian jawaban quiz keseimbangan.

Nah, jadi boneka itu dapat bolak-balik karena ada titik pusat massa/ batu yang di dalan digunakan untuk penempatan pusat massanya.

3. Trivia (info mengenai keseimbangan).

4. Penutupan.

Lampiran

1. Cara membuat garpu dan sendok seimbang

> kepala sendok diselipkan disela-sela gigi garpu

> selipkan batang korek api pada sela-sela yang tersisa antara gapu dan sendok

> letakan ujung batang korek api yang telah dipasangkan dengan sendok dan garpu pada mulut botol

> sendok dan garpu berada pada keadaan yang seimbang.

2. Cara untuk membuat paku seimbang

> letakan sebuah paku secara mendatar

> letakan paku yang lain diatas paku yang mendatar secara berselang seling posisi kepala pakunya di kedua bagian paku yang mendatar

>letakan sebuah paku yang lain secara mendatar sejajar dengan paku yang pertama diletakan secara mendatar

>angkatlah susunan paku tersebut dan letakan diatas sebuah paku yang vertikal ( dengan ujung runcing paku vertikal tepat ditengah tengah susunan paku agar sistem seimbang).

3. Pertanyaan arahan.

> “Apa fungsi dari batang korek api?”

>” Mengapa batang korek api harus diletakan ditengah-tengah dari susunan garpu dan sendok?”

>Mengapa susunan tersebut tidak jatuh ke salah satu sisi?

>”Apa yang terjadi ketika jumlah paku di kedua sisi tidak sama?”

>”Mengapa jumlah paku harus sama di kedua sisi?”

4. Pertanyaan quizz.

Tidak ada komentar: