Episode Magnet dan Kemagnetan
Segmen 1
1. Theme Song
2. Salam Pembuka (assalammu’alaikum wr.wb… ketemu lagi bersama Ka ..... dalam acara Sahabat Mau Tahu…. Yuk Cari tahu!…. Sekarang kaka sedang berada di ..............................//) eh... disana ada adik-adik yang sedang kumpul-kumpul, kita sapa mereka yuk...!!!
- Assalamu’alaikum,, halloo adik-adik sedang ngapain nih?
- (anak-anak) sedang diskusi tentang magnet nih ka,...
- Tentang magnet??? (anak-anak) iya ka!!! Kami kesulitan nih mempelajarinya!!!
- Wah .. kebetulan,.. coba lihat, kaka bawa apa nih???
- (anak-anak) Apa itu ka??
- Ini lah yang dinamakan magnet...
- (anak-anak) Ko bentuk magnetnya berbeda-beda sih ka??
- Iya, magnet ada bermacam-macam bentuknya, ada yang berbentuk batang, silinder, jarum, cincin, cakram, jarum, juga berbentuk ladam.
- Eh, sebelumnya kalian tahu tidak bagaimana sejarahnya magnet bisa ditemukan???
- (Anak-anak)Tidak!!!
- Sahabat mau tahu??? Yuk cari tahu!!!!
Pemutaran video/animasi sejarah penemuan magnet!!! (video dan narasi)
Segmen 2
- Halo adik-adik,, masih bersama kakak dalam acara sahabat mau tau? Yuk cari tahu!!//
- Ok,... tadi kan kalian sudah tahu sejarah penemuan magnet seperti apa? dan bentuk magnet apa saja??
- Sekarang kita cari tahu apa aja sih sifat-sifat yang terdapat pada magnet...
- Sebelumnya, coba kalian jawab, apa yang terjadi jika magnet ini kakak dekatkan pada penjepit kertas? (anak-anak) nempel kak!!! Ya, penjepit kertas akan tertarik dan menempel pada magnet.
· Kutub-kutub magnet.
- Mempelajari bagian magnet yang memiliki tarikan paling kuat yang disebut dengan Kutub magnet. Caranya yaitu menempelkan sejumlah penjepit kertas pada salah dua kutub magnet yang dirangkai saling menempel pada penjepit kertas serta bagian tengah magnet. Manakah rangkaian penjepit kertas yang paling banyak??
- Kemudian menjelaskan Setiap magnet memiliki daerah yang paling kuat menarik penjepit kertas itulah yang di sebut dengan kutub-kutub magnet. Ada dua kutub magnet yaitu kutub utara U dan kutub selatan S. Namun seringkalimenemukan kutub-kutub magnet yang bertuliskan N dan S. Jelaskan!
- Jika dua buah magnet didekatkan, kira-kira apa yang akan terjadi?
- Mempraktekan jika dua buah magnet dedekatkan maka akan terjadi tolak menolak atau tarik menarik, jelaskan syaratnya...
- Melakukan percobaan magnet yang melayang!!!
· Membuat magnet
- (anak-anak) kak mau tanya?? Magnet bisa dibuat oleh kita tidak kak?
- Bisa, jika kita memilki logam yang dapat ditarik magnet maka kita bisa membuat logam tersebut menjadi magnet/bersifat magnet. ada tiga cara dalam membuat magnet:
1. Digosok (searah) / sambil mempraktikan
2. Induksi (didekatkan dengan magnet)
3. Mengalirkan arus listrik pada kawat. Sambil di praktekan menggunakan baterai.
· Menghilangkan sifat magnet
(anak-anak) kak mau nanya lagi!, Iya silakan, sifat magnet pada logam bisa hilang ga?
Bisa,... magnet permanen (magnet tetap) dapat hilang jika magnet sering jatuh atau dipukul-pukul dan juga dibakar. Jika kita melakukan hal demikian maka magnet akan berkurang sifat kemagnetannya bahkan hilang.
Nah, adik-adik itulah kira-kira beberapa sifat dari magnet. Setelah ini kalian akan diajak oleh kakak membuat mainan dari magnet. Tentunya pasti akan seru!!!!
Kalian mau tahu ??? (anak-anak) Mau!!!
Baik teman-teman dirumah jangan kemana-mana ya,... tetap di acara Sahabat Mau Tahu??? Yuk Cari Tahu!!!!
Segmen 3
- Halo adik-adik,, masih bersama kakak dalam acara sahabat mau tahu? Yuk cari tahu!!//
Yap, kaka tadi sudah janji kalo sekarang kaka akan mengajak kalian membuat mainan dari magnet. Kalia tahu namanya apa? Namanya : Pensil terbang
· Membuat Pensil terbang
Alat dan bahan yang dibutuhkan
1. Sendal jepit bekas (1 buah)
2. Pensil 1 buah (1buah)
3. Kertas lipat berwarna (1 lembar)
4. Cutter (1 buah)
5. Koin (Rp 500 1 buah)
6. Magnet cincin ukuran kecil (6 buah)
7. Lem
8. Gunting
Prosedur pembuatan yaitu:
1. Buat tiga irisan pada sandal jepit bekas untuk tempat koin dan magnet.
2. Tancapkan koin pada irisan yang telah dibuat pada sandal.
3. Pasang dua buah magnet cincin pada pensil
4. Tancapkan magnet cincin pada irisan yang dibuat pada sandal. Masing-masing irisan dipasang dua buah magnet cincin.
.
Perhatikan kutub-kutub magnet, atur agar magnet yang dipasang pada pensil tolak menolak dengan magnet ada sandal.
5. Letakkan pensil (yang sudah dipasang magnet) diatas magnet yang dipasang pada sandal. Atur agar pensil dapat melayang. Kemudian pelintirkan pensil. Akhirnya pensil selain dapat melayang juga dapat memutar.
6. Agar putaran pensil dapat terlihat , maka potonglah kertas lipat membentuk jarum kemudan beri lem dan tempelkan kertas lipat pada pangkal pensil.
Tempelkan membentuk spiral
7. Selesai, akhirnya kita memliki mainan pensil yang dapat terbang sambil berputar.
Nah, adik-adik ini dia mainan nya,... coba kita perhatikan!!! Kenapa ya pensilnya bisa melayang??? Coba siapa yang bisa menjelaskan???
- Salah seoran anak menjawab: pensil dapat melayang karena magnet pada pensil mendapatkan gaya tolak dari magnet pada sendal!!!
- Bagus sekali,... ya jawabannya benar,... pensil dapat melayang karena magnet pada pensil mendapatkan gaya tolak dari magnet pada sendal!!!
- Jadi bagaimana kutub magnet pada senda dengan magnet pada pensil??? Jawab: senama..
Baik adik-adik, tetap jangan kemana-mana yah, setelah ini masih ada informasi buat adik-adik, yang pastinya penting buat adik-adik simak... tetap di acara Sahabat Mau Tahu??? Yuk Cari Tahu!!!
Segmen 4
- Sahabat, tadi kita sudah membuat mainan namanya pensil yang dapat terbang dan melayang. Mainan tersebut merupakan penerapan dari konsep kemagnetan.
- Sahabat tahu tidak? ternyata konsep kemagnetan itu banyak aplikasinya loh dalam kehidupan sehari-hari. Dari mulai penerapan dalam alat elektronik, kompas, sampai transportasi.
- (Anak-anak kaget!) haaaaah... transportasi??? Kok bisa kak??
- Iya bisa,... contohnya yaitu kereta api. Kalian tahu namanya kereta api apa?
- (anak-anak) tidak tahu kak!!
- Kalian mau tahu??? (anak-anak) mau kak, mau...!!!
- Sahabat di rumah juga mau tahu????? Yuk cari tahu!!!!!
Tayangan video seputar informasi Kereta Api Shinkansen Jepang! (video dan Narasi)
- Ok, adik-adik jadi sekarang kalian sudah paham tentang magnet? Jawab; sudah!!
- Ok kaka tanya kembali, disebut apakah daerah pada magnet yang memiliki tarikan atau tolakan paling kuat? Jawab: kutub magnet!
- Ada berapa kutub pada magnet? Jawab : 2. Sebutkan apa saja?jawab: Kutub Utara dan Selatan
- Apa yang akan terjadi jika kutub utara magnet satu didekatkan dengan kutub selatan magnet lain? Jawab: akan tarik menarik
- Apa yang akan terjadi jika kutub utara magnet satu didekatkan dengan kutub utara magnet lain? Jawab: akan tolak-menolak
- Ada berapa cara membuat magnet? Jawab: 3,. Coba sebutkan? Di gosok (satu arah), di Induksi, dan mengaliri arus listrik pada kawat.
- Bagaimana caranya agar magnet permanen dapt hilang sifat kemagnetannya?? Jawab: di pukul-pukul/dijatuhkan dan di bakar/dipanasi.
- Ok, seratus buat kalian....
- Karena adik-adik sudah paham maka saatnya kakak undur diri meninggalkan adik-adik di sini juga adik-adik dirumah... tetap saksikan acara Sahabat Mau tahu??? Yuk Cari tahu!! Dilain kesempatan,...
- Mohon maaf bila ada hal yang tidak berkenan,
- Sahabat mau Tahu?? Yuk cari tahu!!!!!
- Wassalamu’alaikumslm wr. wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar