Disiplin ilmu Fisika Komputasi yang menggabungkan ilmu fisika, analisis numerik, dan pemrogaman komputer, telah memudahkan peneliti dalam mengolah data-data eksperimen yang besar dan tidak linier, kata pakar Fisika Komputasi Universitas Sumatera Utara Prof Dr.Drs. Muhammad Zarlis,MSc,.
Dalam makalahnya, Guru Besar Tetap Ilmu Fisika Komputasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara itu mengatakan, dalam Fisika Komputasi eksprimen simulasi, model matematis yang non-linear, dan nonsimetri dapat diselesaikan melalui bantuan metode numerik dalam bentuk program komputer.
Dengan demikian, keberadaan fisika eksperimen, fisika teori dan fisika komputasi adalah saling mendukung dalam penelitian dan pengembangan bidang ilmu fisika, katanya. Fisika Komputasi adalah satu bagian integral dari perkembangan masalah atau gejala-gejala fisika dan berkemampuan untuk mengantisipasinya dengan menggunakan perangkat komputer.
Penerapan komputer dalam bidang ilmu fisika banyak terlihat pada pemecahan masalah-masalah analitik yang kompleks dan pekerjaan-pekerjaan numerikal untuk menyelesaikan secara interaktif. Lebih jauh ia menjelaskan komputer adalah hasil produk teknologi tinggi yang akhir-akhir ini telah banyak dijumpai, dipakai, dan dimanfaatkan pada berbagai bidang kegiatan di laboratorium fisika baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.
Pemakaian komputer ini lebih meningkat lagi setelah diproduksinya berbagai jenis komputer yang harganya relatif lebih murah. Pengalaman di lapangan menunjukkan bahwa pemakaian komputer di laboratorium-laboratorium masih terbatas untuk pengetikan atau pengolahan data tertentu, dengan kata lain pemakaian komputer sebagai alat yang serbaguna belum maksimal.
Bila dilihat dari tenaga akademis, masih banyak dijumpai tenaga pengajar yang masih enggan dalam menggunakan komputer, sedangkan komputer adalah sebagai alat bantu utama pengembangan fisika komputasi.(-H2O-)
Penelitian Peralatan Laboratorium Fisika Dasar
Karya-Karya Kami
- Mesin Uap Mini (Oleh: Defrianto)
- Wajan Listrik (Oleh: Bambang Achdiyat)
- 1
- 2
- 3
- Hard Ware
- 1 CPU
- 2 Monitor
- Soft Ware
- 1. Instalasi
- 2. Proteksi atau Keamanan
- 3. Pemeliharaan
- Keterampilan Jaringan (Networking) LAN, WAN, Ethernet & Internet
- Divisi LitBang Multi Media Pendidikan
MULTIMEDIA PENDIDIKAN
Sistem pendidikan dewasa ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Berbagai cara telah dikenalkan serta di gunakan dalam proses belajar mengajar (PBM) dengan harapan pengajaran guru akan lebih berkesan dan pembelajaran bagi murid akan lebih bermakna. Sejak beberapa tahun belakangan ini teknologi informasi dan komunikasi telah banyak digunakan dalam proses belajar mengajar, dengan satu tujuan mutu pendidikan akan selangkah lebih maju seiring dengan kemajuan teknologi. Perkembangan teknoloagi multimedia telah menjanjikan potensi besar dalam merubah cara seseorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi, menyesuaikan informasi dan sebagainnya.
Multimedia juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga menghasilkan hasil yang maksimal. Demikian juga bagi pelajar, dengan multi media diharapkan mereka akan lebih mudah untuk menentukan dengan apa dan bagaiamana siswa untuk dapat menyerap informasi secara cepat dan efisien. Sumber informasi tidak lagi terfokus pada teks dari buku sematamata tetapi lebih luas dari itu. Kemampuan teknologi multi media yang telah terhubung internet akan semakin menambah kemudahan dalam mendapatkan informasi yang diharapkan. (-H2O-)
Sub Divisi Web Design
(Oleh: Arip Nurahman)
Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.
Wayang kulit merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika teknologi elektronik dan komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik.
Animasi Flash untuk Pendidikan Fisika
(Oleh: Redha & Rizkiana Putra M.)
- Tutorial Power Point & Flash Tutorial Flash, Animasi Flash, Belajar Flash
Adobe Flash (previously called Macromedia Flash) is a multimedia platform created by Macromedia and currently developed and distributed by Adobe Systems. Since its introduction in 1996, Flash has become a popular method for adding animation and interactivity to web pages; Flash is commonly used to create animation, advertisements, and various web page components, to integrate video into web pages, and more recently, to develop rich Internet applications.
Flash can manipulate vector and raster graphics and supports bi-directional streaming of audio and video. It contains a scripting language called ActionScript. Several software products, systems, and devices are able to create or display Flash content, including Adobe Flash Player, which is available for most common web browsers, some mobile phones and other electronic devices (using Flash Lite). The Adobe Flash Professional multimedia authoring program is used to create content for the Adobe Engagement Platform, such as web applications, games and movies, and content for mobile phones and other embedded devices.
Files in the SWF format, traditionally called "ShockWave Flash" movies, "Flash movies" or "Flash games", usually have a .swf file extension and may be an object of a web page, strictly "played" in a standalone Flash Player, or incorporated into a Projector, a self-executing Flash movie (with the .exe extension in Microsoft Windows). Flash Video (FLV) files have a .flv file extension and are either used from within .swf files or played through a flv aware player, such as VLC, or QuickTime and Windows Media Player with external codecs added.(-H2O-)
Sub Divisi Games
(Oleh: Fajrun Najah)
Sumber:
http://web.mit.edu/etg/www/
The Classroom Communicator is a concept that involves using computer technology to increase the level of interaction between students and professors. To read more the Classroom Communicator, click here.
1. Signal he/she is lost
2. Signal he/she has a question
3. Answer a conceptual question posed by the professor
- Divisi Penelitian Komputer Kuantum (Ulasan Frontier Technology)
- The Development of Quantum Computer (Perkembangan Kuantum Komputer)
- k
- l
- m
- f
- g
- Research for Nanotechnology
MIT EECS Research Laboratories
- Center for Biomedical Engineering (CBE)
- Center for International Studies (CIS)
- Center for Materials Science and Engineering (CMSE)
- Center for Space Research (CSR)
- Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory (CSAIL)
- Edgerton Center
- Harvard-MIT Health Sciences and Technology (HST)
- Laboratory for Electromagnetic and Electronic Systems (LEES)
- Laboratory for Energy and the Environment
- Laboratory for Information and Decision Systems (LIDS)
- Leaders for Manufacturing Program (LFM)
- Lincoln Laboratory
- Media Laboratory
- Microsystems Technology Laboratories (MTL)
- NanoStructures Laboratory
- Operations Research Center (OR)
- Plasma Science & Fusion Center (PSFC)
- Research Laboratory of Electronics (RLE)
- System Design and Management Program (SDM)
- Technology, Management and Policy Program (TPP)a. Sekolah Berbasis Lingkungan Hidup (Angga Fuja Widiana)Abstract"Sistem/ standar pengelolaan PLH pada pendidikan dasar dan menengah pada hakekatnya belum ada. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil observasi langsung pada sekolah, implementasi PLH di sekolah dapat dibuat untuk membentuk pola pengembangan PLH pada pendidikan dasar dan menengah dalam mewujudkan sekolah berbudaya lingkungan.
- (Program Unggulan)
- a. Laboratorium Sederhana untuk Siswa Sekolah Dasar
- b
- c
- d
- e
- Sains Untuk Anak-Anak (Menggas Sistem pembelajaran Sains untuk Anak-anak)
- g
- h
- i
- j
- k
- l
- a. Laboratorium Sederhana untuk Siswa Sekolah Dasar
- Wilayah Barat
- Daerah Sumatra (Suka & I Gede Eka )
- p
- q
- Daerah Jawa (Angga F.W.)
- 1. Jawa Barat
- a. Kota Banjar
- b. Kab. Ciamis
- c. Kab. Garut
- d. Kab. dan Kota Tasikmalaya
- 2. Banten
- 3. Jawa Tengah
- Wilayah Tengah
- Daerah Kalimantan
- 2
- 3
- Daerah Sulawesi
- 5
- 6
- Wilayah Timur
- Irian Jaya (Fajriah)
- b
- c
- d
- e
- Bali dan Nusa Tenggara (Galuh)
- g
- h
- i
- j
- Hubungan:
Lincoln Laboratory
Materials Processing Center
Materials Science and Engineering (CMSE), Center for
Materials Science and Engineering, Dept. of
Nuclear Reactor Laboratory
Nuclear Science and Engineering, Dept. of
Physics, Dept. of
Plasma Science and Fusion Center
Research Laboratory of Electronics (RLE)
Spectroscopy Laboratory
Technology Enabled Active Learning (TEAL)
Theoretical Physics, Center for
Ultracold Atoms, MIT-Harvard Center for
Tidak ada komentar:
Posting Komentar