Minggu, 18 Mei 2008

1. Bidang Keahlian Khusus Penelitian Fisika Komputasi & Elektronika (Fisika Untuk Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Elektronika)

Bidang Keahlian Khusus Penelitian Fisika Komputasi & Elektronika
(Fisika Untuk Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Elektronika)
Division of Physics for ICT & Electronics


Kepala Penanggung Jawab:

Bambang Achdiyat
&
Rizkiyana Putra M.

Sekilas Fisika Komputasi

Disiplin ilmu Fisika Komputasi yang menggabungkan ilmu fisika, analisis numerik, dan pemrogaman komputer, telah memudahkan peneliti dalam mengolah data-data eksperimen yang besar dan tidak linier, kata pakar Fisika Komputasi Universitas Sumatera Utara Prof Dr.Drs. Muhammad Zarlis,MSc,.

Dalam makalahnya, Guru Besar Tetap Ilmu Fisika Komputasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara itu mengatakan, dalam Fisika Komputasi eksprimen simulasi, model matematis yang non-linear, dan nonsimetri dapat diselesaikan melalui bantuan metode numerik dalam bentuk program komputer.

Dengan demikian, keberadaan fisika eksperimen, fisika teori dan fisika komputasi adalah saling mendukung dalam penelitian dan pengembangan bidang ilmu fisika, katanya. Fisika Komputasi adalah satu bagian integral dari perkembangan masalah atau gejala-gejala fisika dan berkemampuan untuk mengantisipasinya dengan menggunakan perangkat komputer.

Penerapan komputer dalam bidang ilmu fisika banyak terlihat pada pemecahan masalah-masalah analitik yang kompleks dan pekerjaan-pekerjaan numerikal untuk menyelesaikan secara interaktif. Lebih jauh ia menjelaskan komputer adalah hasil produk teknologi tinggi yang akhir-akhir ini telah banyak dijumpai, dipakai, dan dimanfaatkan pada berbagai bidang kegiatan di laboratorium fisika baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Pemakaian komputer ini lebih meningkat lagi setelah diproduksinya berbagai jenis komputer yang harganya relatif lebih murah. Pengalaman di lapangan menunjukkan bahwa pemakaian komputer di laboratorium-laboratorium masih terbatas untuk pengetikan atau pengolahan data tertentu, dengan kata lain pemakaian komputer sebagai alat yang serbaguna belum maksimal.

Bila dilihat dari tenaga akademis, masih banyak dijumpai tenaga pengajar yang masih enggan dalam menggunakan komputer, sedangkan komputer adalah sebagai alat bantu utama pengembangan fisika komputasi.(-H2O-)


Divisi Penelitian Peralatan Elektronika dan Komputer Dasar



Keterampilan Komputer Dasar (PC & Laptop)

  • HardWare



  • 1 CPU

  • 2 Monitor

  • SoftWare

  • 1. Instalasi

  • 2. Proteksi atau Keamanan

  • 3. Pemeliharaan

Keterampilan Jaringan (Networking) LAN, WAN, Ethernet & Internet
  • Divisi Wajan Bolic



Divisi LitBang Multi Media Pendidikan

Para Teladan Kami

MULTIMEDIA PENDIDIKAN

Sistem pendidikan dewasa ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Berbagai cara telah dikenalkan serta di gunakan dalam proses belajar mengajar (PBM) dengan harapan pengajaran guru akan lebih berkesan dan pembelajaran bagi murid akan lebih bermakna. Sejak beberapa tahun belakangan ini teknologi informasi dan komunikasi telah banyak digunakan dalam proses belajar mengajar, dengan satu tujuan mutu pendidikan akan selangkah lebih maju seiring dengan kemajuan teknologi. Perkembangan teknoloagi multimedia telah menjanjikan potensi besar dalam merubah cara seseorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi, menyesuaikan informasi dan sebagainnya.

Multimedia juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga menghasilkan hasil yang maksimal. Demikian juga bagi pelajar, dengan multi media diharapkan mereka akan lebih mudah untuk menentukan dengan apa dan bagaiamana siswa untuk dapat menyerap informasi secara cepat dan efisien. Sumber informasi tidak lagi terfokus pada teks dari buku sematamata tetapi lebih luas dari itu. Kemampuan teknologi multi media yang telah terhubung internet akan semakin menambah kemudahan dalam mendapatkan informasi yang diharapkan. (-H2O-)


Tidak ada komentar: