Senin, 10 Mei 2010

Mentafakuri Desain di Alam Lewat Fisika







Teknologi Di Alam

Oleh:
1.Arip Nurahman*
2.Rd. Bagus M. W. A.*
3.Reza R.*
4.Fazrun N.*

*(Pendidikan Fisika, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia)

Mentafakuri Desain di Alam Lewat Fisika

(Studi Khusus Terhadap Teknik Biofisikamimetika)

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Permasalahan

Desain atau rancangan, secara singkat berarti gabungan yang selaras dari berbagai bagian dalam bentuk yang teratur yang dirancang untuk tujuan tertentu. Dari pengertian ini, kita tidak akan sulit menerka bahwa sebuah mobil adalah suatu rancangan. Ini karena terdapat tujuan tertentu, yaitu untuk mengantarkan manusia dan barang. Untuk mewujudkan tujuan ini, berbagai bagian seperti mesin, ban dan rangkanya direncanakan dan dirakit di sebuah pabrik.

Akan tetapi, bagaimana halnya dengan makhluk hidup?

Dapatkah seekor burung beserta cara terbangnya disebut sebagai rancangan pula?

Sebelum memberi jawabannya, mari ulang penilaian dan analisisnya dalam contoh mobil tadi. Tujuan burung, dalam hal ini, adalah untuk terbang. Untuk tujuan ini, tulang yang berbobot ringan, berongga, serta otot-otot dada yang kuat yang menggerakkan tulang-tulangnya digunakan bersama dengan bulu-bulu yang mampu mempertahankan kedudukannya di udara. Sayap terbentuk dengan sifat aerodinamis dan metabolisme tubuhnya sejalan dengan kebutuhan burung untuk memperoleh tingkat tenaga yang tinggi.

Jelaslah bahwa burung merupakan hasil dari rancangan tertentu.

Di setiap makhluk, terdapat contoh-contoh rancangan yang sangat sempurna. Jika kita telaah lebih jauh, kita menemukan bahwa diri kita sendiri pun merupakan bagian dari rancangan itu sendiri.

Tangan yang memegang halaman-halaman buku memiliki kemampuan yang tidak bisa disamai oleh tangan robot mana pun.

Mata yang membaca baris demi baris makalah ini memungkinkan penglihatan dengan pusat pandangan yang oleh kamera terbaik di dunia ini pun tidak mampu tercapai.

Oleh sebab itu, sampai pada kesimpulan penting ini: seluruh makhluk di alam, termasuk diri kita, merupakan suatu rancangan. Hal ini, pada gilirannya membuktikan keberadaan Sang Pencipta, Yang merancang semua makhluk dengan kehendak-Nya, memelihara seluruh ciptaan-Nya, dan memiliki kekuasaan dan kebijaksanaan yang mutlak.

B. RumusanMasalah

1. Apa yang melatarbelakangi kelompok kami membahas mengenai “Mentafakuri Desain di Alam Lewat Fisika?

2. Manfaat apa saja yang kelompok kami dapat dari penulisan makalah ini?

3. Bagaimana metode mendekatkan diri kepada Allah S.W.T. Melewati Fisika Aplikatif?

C. Tujuan

1 Mengetahui hal-hal yang melatarbelakangi dan mendasari Desain-desain di alam dalam kaitannya terhadap Fisika.

2 Mengetahui manfaat apa saja bila kita mampu metafakuri Keagungan Alloh, S.W.T dalam ruang lingkup Fisika Aplikatif.

3 Mengetahui bagaimana strategi mendekatkan diri kepada Alloh S.W.T dengan jalan bertafakur melalui Fisika ini.

D. Manfaat

Adapun menfaat makalah ini adalah sebagai berikut:

1. Bagi penulis khususnya memberikan banyak pengetahuan tentang berbagai motode pendekatan diri kepada Sang Maha Kuasa, dalam kaitannya terhadap Ilmu Fisika. Sehingga memberikan pembelajaran untuk menjadi pemakalah dan guru yang professional sekarang dan dimasa yang Akan Datang.

2. Bagi pembaca umumnya memberikan banyak pengetahuan tetang hal-hal yang berkaitan dengan desain di alam yang berkaitan dengan Fisika, sehinga kita mampu mentafakuri kebesaran Allah S.W.T.

E. Metode Penulisan

Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah kajian pustaka (study literatur) berbagai sumber yang berkaitan dengan judul makalah dan penelitian pendahuluan, serta observasi langsung ketempat-tempat terkait.

BAB II

Tidak ada komentar: